Efek Negatif Terhadap Ketergantungan Internet

April 1, 2020 Off By Andrea Sullivan

Efek Negatif Terhadap Ketergantungan Internet

Efek Negatif Terhadap Ketergantungan Internet-Dalam sebuah wawancara radio baru-baru ini di 610 WTVN, saya berbicara dengan Joel Riley tentang efek negatif dari kecanduan internet. Ini adalah topik yang menarik, terutama karena telah memperoleh momentum cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun kecanduan internet secara teknis tidak dianggap sebagai kecanduan klinis, itu mungkin akan segera berubah. American Psychiatric Association dapat menambahkan gangguan kecanduan terhadap Ketergantungan Internet ke dalam manual diagnostik dan statistik gangguan kesehatan mental.

Dengan mengingat hal itu, mari kita jelajahi tentang bagaimana Internet dan ketergantungan kita pada ponsel pintar dan media sosial yang saat ini dapat memengaruhi kehidupan kita.

Kerusakan Komunikasi

Ketergantungan kami yang meningkat pada Internet telah secara dramatis mengubah cara kami berkomunikasi dengan orang lain. Alih-alih berbicara dengan orang atau menghabiskan waktu bersama mereka, kita sering menggunakan bentuk komunikasi yang kurang pribadi seperti mengirim pesan teks atau mengirim email.

Tidak ada yang salah dengan menggunakan sebuah metode dalam komunikasi ini, tetapi mereka kekurangan suara dan emosi, dan yang sering membingungkan atau membuat frustrasi orang. Pada saat yang sama, bentuk komunikasi yang kurang pribadi ini memudahkan untuk mengabaikan orang-orang yang bersama kita.

Sedih melihat teman-teman keluar untuk makan malam yang melihat ponsel mereka, bukan satu sama lain. Jadi, sementara informasi di ponsel pintar kita mungkin menarik, mari kita berhati-hati untuk tidak melewatkan kesenangan yang datang dari hubungan pribadi dengan keluarga atau teman.

Peningkatan Kebutuhan akan Gratifikasi Instan

Sementara internet telah mengajarkan kita, bahwa segala sesuatu dan semua orang tersedia dengan satu sentuhan tombol. Sementara yang lewat sudah dari hari-hari yang mengandalkan “surat siput” untuk terhubung dengan orang-orang jauh.

Sementara saya berterima kasih atas peningkatan teknologi dan bagaimana hal itu membantu kita terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, saya khawatir tentang peningkatan ketergantungan kita pada kepuasan instan.

Baca Juga :Beberapa Fakta Menarik Tentang Internet

Apakah Efek Negatif Terhadap Ketergantungan Internet?

Ketika kita tahu bahwa orang-orang dapat mengirim dan menerima teks dan email secara instan, kita secara tidak sengaja memaksakan harapan yang tidak realistis pada orang lain dan diri kita sendiri. Kita hidup di zaman teknologi di mana orang mengharapkan orang lain meninggalkan segalanya untuk menanggapi teks, email, atau tweet.

Ketidak Mampuan untuk Fokus pada Masa Sekarang

Munculnya platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram telah menciptakan kebutuhan obsesif untuk berbagi kehidupan pribadi kita dengan dunia.

Banyak orang mengalami kesulitan “hidup di saat ini” karena mereka terlalu sibuk berbagi “saat” dengan orang lain. Kebutuhan yang terus-menerus untuk mengintip ke dalam kehidupan orang lain dapat membuka pintu bagi perasaan cemburu, penghakiman dan pengabaian.

Efek pada Anak

Kecanduan internet memengaruhi kaum muda dalam banyak hal, mulai dari kurang tidur, penarikan sosial, hingga nilai buruk. Anak-anak yang diizinkan mengakses Internet tanpa batas dapat menemukan informasi berbahaya yang mungkin membahayakan kesehatan mereka.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Penindasan dunia maya adalah masalah serius di kalangan anak muda, dan itu dapat menciptakan efek mental dan emosional yang abadi. Predator Internet juga harus menjadi perhatian. Banyak dari orang-orang ini sangat paham teknologi dan terus mencari cara baru untuk terhubung dengan anak-anak. Itulah yang dapat dijelaskan tentang Ketergantungan Internet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, Terima Kasih.